Sabtu, 23 November 2013

Perancangan Sistem Informasi (Output, Input, Proses, Basis Data, Kontrol, LAN)



Karakteristik Sistem

􀂄 Komponen Sistem (Components)
􀂉 Suatu sistem terdiri dari sejumlah komponen yang saling berinteraksi, yang artinya saling bekerja sama membentuk satu kesatuan.
􀂉 Komponen-komponen sistem atau elemen-elemen sistem dapat berupa suatu subsistem atau bagian-bagian dari sistem.
􀂉 Setiap sistem tidak perduli betapapun kecilnya, selalu mengandung komponen-komponen atau subsistem-subsistem.
􀂄 Setiap subsistem mempunyai sifat-sifat dari sistem untuk menjalankan suatu fungsi tertentu dan mempengaruhi proses sistem secara keseluruhan. Jadi, dapat dibayangkan jika dalam suatu sistem ada subsistem yang tidak berjalan/berfungsi
sebagaimana mestinya. Tentunya sistem tersebut tidak akan berjalan mulus atau mungkin juga sistem tersebut rusak sehingga dengan sendirinya tujuan sistem tersebut tidak tercapai.

 Karakteristik Sistem

􀂄 Komponen Sistem (Components)
􀂉 Suatu sistem terdiri dari sejumlah komponen yang saling berinteraksi, yang artinya saling bekerja sama membentuk satu kesatuan.
􀂉 Komponen-komponen sistem atau elemen-elemen sistem dapat berupa suatu subsistem atau bagian-bagian dari sistem.
􀂉 Setiap sistem tidak perduli betapapun kecilnya, selalu mengandung komponen-komponen atau subsistem-subsistem.
􀂄 Setiap subsistem mempunyai sifat-sifat dari sistem untuk menjalankan suatu fungsi tertentu dan mempengaruhi proses sistem secara keseluruhan. Jadi, dapat dibayangkan jika dalam suatu sistem ada subsistem yang tidak berjalan/berfungsi
sebagaimana mestinya. Tentunya sistem tersebut tidak akan berjalan mulus atau mungkin juga sistem tersebut rusak sehingga dengan sendirinya tujuan sistem tersebut tidak tercapai.

Bagian-Bagian Sistem (1)

􀂄 Penghubung (Interface) Sistem
􀂉 Penghubung sistem merupakan media penghubung antara satu subsistem dengan subsistem lainnya. Melalui penghubung ini memungkinkan sumber-sumber daya mengalir dari satu subsistem ke yang lainnya. Keluaran (output) dari satu subsistem akan menjadi masukan (input) untuk subsistem lainnya dengan melalui
penghubung.
􀂉 Dengan penghubung satu subsistem dapat berintegrasi dengan subsistem yang ainnya membentuk satu kesatuan.
􀂄 Masukan (Input) Sistem
􀂉 Masukan sistem adalah energi yang dimasukkan ke dalam sistem.
􀂉 Masukan dapat berupa masukan perawatan (maintenance input) dan masukan sinyal (signal input).
􀂉 Maintenance input adalah energi yang dimasukkan supaya system tersebut dapat beroperasi.
􀂉 Signal input adalah energi yang diproses untuk didapatkan keluaran. Sebagai contoh didalam sistem komputer, program adalah maintenance input yang digunakan untuk mengoperasikan komputernya dan data adalah signal input untuk diolah menjadi informasi.

Sasaran Sistem

􀂄 Sasaran (Objectives) atau Tujuan (Goal)
􀂉 Suatu sistem pasti mempunyai tujuan atau sasaran. Kalau suatu sistem tidak mempunyai sasaran, maka operasi sistem tidak akan ada gunanya.
􀂉 Sasaran dari sistem sangat menentukan sekali masukan yang dibutuhkan sistem dan keluaran yang akan dihasilkan sistem. Suatu sistem dikatakan berhasil bila mengenai sasaran atau tujuannya.

Syarat-syarat Output

􀂄 Output harus mudah dibaca dan diinterpretasikan
􀂉 ada judul
􀂉 ada tanggal & waktu output dihasilkan
􀂉 dalam output berbentuk form: seluruh item harus ada labelnya
􀂉 tabel: tiap kolom harus ada labelnya
􀂉 singkatan-singkatan ada keterangannya (legenda)
􀂉 format seimbang (tidak terlalu padat atau kosong)
􀂉 pemakai dapat menemukan dengan mudah
􀂉 pemakai tidak harus mengedit manual agar output dapat bermanfaat bagi mereka
􀂉 istilah teknis komputer sebaiknya dihindari dalam output maupun dalam pesan-pesan kesalahan
􀂄 Output harus sampai pada pemakai tepat waktu
􀂄 Distribusi atau akses ke output harus memadai bagi pemakai
􀂄 Output harus dapat diterima (acceptable) oleh pemakai, artinya sesuai dengan apa yang mereka butuhkan dan sesuai dengan rencana mereka untuk memanfaatkan output tersebut

Langkah-langkah Desain Output

􀂄 Identifikasi output sistem dan review kebutuhan pemakai
􀂄 Buatlah spesifikasi kebutuhan fisik output
􀂄 Desain, validasi, dan tes output menggunakan beberapa kombinasi alat
bantu layout, prototyping, dan generator program

Syarat-syarat Desain Antarmuka

1. Layar harus diformat agar berbagai info, perintah, pesan muncul di area layar yang konsisten
2. Pesan, perintah, informasi jangan terlalu panjang
3. Jangan terlalu sering memakai atribut display yang mengganggu seperti blinking, highlight, dsb
4. Nilai default dibuat jelas
5. Antisipasi error yang mungkin dibuat user
6. Jika ada error, user mestinya tidak boleh melanjutkan tanpa memperbaiki error tsb
7. Jika user melakukan sesuatu yang membahayakan sistem, keyboard harus terkunci dan pesan utk meminta bantuanteknisi harus dimunculkan

Desain Basis Data

􀂄 Merupakan kumpulan informasi yang disimpan di dalam komputer secara sistematik sehingga dapat diperiksa menggunakan suatu program komputer
untuk memperoleh informasi dari basis data tersebut
􀂄 Perangkat lunak yang digunakan untuk mengelola
dan memanggil kueri (query) basis data disebut sistem manajemen basis data (database management system, DBMS)
􀂄 Memodelkan dengan ERD (Entity Relationship Diagram)
􀂄 Harus memenuhi aturan semantik (sesuai dengan kehidupan nyata)

0 komentar:

Posting Komentar